Selasa, 13 November 2007

Tangkis Plak, Tampar Bau Mulut

Perawatan dan penggunaan produk yang tepat adalah langkah paling tepat merawat gigi dan mulut Anda
Jono berniat mengajak ngobrol Ina, wanita idamannya. Segala sesuatu dia persiapkan, dari menyisir rambut hingga klimis, sampai menyemir sepatu sekinclong mungkin.
Hari yang ditunggu pun tiba. Baru saja membuka mulut hendak bicara, Ina sudah tutup hidung dan kabur. Usut punya usut, ternyata Jono lupa menyikat gigi. Padahal, giginya penuh dengan plak atau karang gigi yang menyebabkan bau mulut. Anda tidak mau hal ini terjadi pada Anda, bukan?

Istilah plak digunakan secara umum untuk menerangkan mengenai timbunan bakteri pada permukaan gigi dan di dalam sulkus gingiva (cekungan gusi). Plak ini adalah deposit lunak yang dapat menjadi penyakit pada bagian jaringan penyangga gigi (penyakit periodontal). Pengaruh plak terhadap penyakit periodontal tergantung pada letak plak itu sendiri, yaitu bisa pada gusi atas (supragingiva) atau pada gusi bawah (subgingiva). Plak cenderung tertimbun pada sepertiga permukaan depan (fasial) gigi dan belakang (lingual) gigi yang berbatasan dengan gusi dan permukaan interproksimal (sela-sela gigi).

Sumber Bau MulutPlak mempunyai beberapa mekanisme untuk dapat menyebabkan penyakit periodontal. Penyakit itu dapat berupa gingivitis (radang pada gingiva atau gusi) atau periodontis (radang pada jaringan periodontum atau penyangga gigi). Dalam menyerang lapisan gusi dan penyangga gigi tersebut, plak mengalami beberapa mekanisme atau fase.

Mekanisme tersebut adalah pertama-tama, plak menjadi tempat subur bagi produksi dan pertumbuhan mikroorganisme. Kemudian, plak menembus lapisan luar gigi dan mengiritasi langsung melalui produk-produk yang dihasilkan, seperti toksin, enzim, dan antigen. Pada saat itu, plak juga membentuk karang gigi (kalkulus) secara mineralisasi. Karang gigi itulah yang menjadi salah satu kontributor utama masalah bau mulut. Dalam karang gigi, tertimbun mukus, enzim, bakteri, dan sisa-sisa makanan yang mengalami pembusukan.

Sikat, Pasta Gigi, dan Produk Kesehatan yang TepatPerawatan kesehatan gigi dan mulut sangat penting terutama untuk mencegah terbentuknya plak. Di antara alat dan cara yang dapat membantu perawatan kesehatan gigi dan mulut adalah sikat gigi yang baik, pasta gigi yang tepat, dan penggunaan obat-obat kumur.
High-Desert menyediakan produk-produk yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta menghindarkan anda dari bau mulut, yaitu pasta gigi Polifrez, Propolis Tablet atau Kapsul, Proliz Lozenges, dan Propolis Herbal Throat Spray.

Polifrez mempunyai perpaduan bahan-bahan alami yang unik, yaitu propolis dan tea tree oil. Ekstrak tea tree oil yang berasal dari tanaman Malaleuca Alternifolia yang tumbuh di benua Australia. Tanaman itu merupakan antiseptik alami yang membasmi bakteri, membantu mengatasi sariawan, radang pada tenggorokan dan rongga mulut, mencegah pembentukan plak, menghilangkan bau mulut, dan sangat baik untuk perawatan gigi yang sensitif.
Proliz atau Herbal Propolis Lozenges berbahan utama propolis yang dicampur dengan ekstrak akar licorice, isomalt, dan peppermint dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit pada tenggorokan dan luka di rongga mulut. Proliz Lozenges telah diformulasikan secara khusus untuk melegakan sakit pada tenggorokan, menghentikan gejala batuk, melawan infeksi bakteri dan virus di rongga mulut, dan mencegah gigi berlubang. Isomalt sebagai pengganti gula sangat aman bagi penderita diabetes.

Produk HD lain yang berguna menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan adalah Herbal Throat Spray. Produk ini mengandung propolis lebah yang diperkuat dengan berbagai bahan alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti akar licorice, buah Forsythia, kulit batang Slippery Elm, cengkih, akar goldenseal, dan akar Echinacea. Masing-masing bahan tersebut memiliki fungsi untuk merangsang sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan di tenggorokan, membantu mengeluarkan lendir, dan memulihkan luka pada mulut dan tenggorokan. Herbal Throat Spray digunakan untuk mencegah penyakit mulut dan gusi, gangguan pita suara, menyembuhkan infeksi tenggorokan, dan untuk mencegah sariawan. Produk yang terbuat dari bahan-bahan alami ini juga dapat digunakan sebagai obat kumur yang mengandung antiseptik.
Produk-produk HD tersebut dapat dikombinasikan bersama untuk memperoleh gigi dan gusi sehat serta mulut bebas bau. Namun, mengonsumi produk-produk tersebut juga dapat disertai dengan usaha-usaha untuk mengurangi pembentukan plak, yaitu:
1. Mengurangi jenis makanan tertentu yang banyak mengandung karbohidrat, terutama sukrosa.
2. Pencegahan secara mekanis adalah dengan cara menyikat gigi yang baik dan benar untuk meningkatkan kebersihan mulut.
3. Menggunakan bahan kimia untuk mencegah bakteri menempel di atas permukaan gigi. Atau, gunakan bahan kimia yang sekaligus membunuh bakteri tersebut.
Perawatan dan penggunaan produk yang tepat adalah langkah paling tepat merawat gigi dan mulut Anda.
Kombinasikan semuanya dan alhasil, Anda akan terhindar dari masalah masalah bau mulut, seperti yang dialami Jono.

Tidak ada komentar: